analytics

October 13, 2011

Pepes Walahar H. Dirja Karawang



Kemarin dalam perjalanan ke Bandung saya sempet mampir ke Pepes H.Dirdja di daerah karawang yang konon terkenal endang. 
Perjalanan kesana bisa dibilang rumit bisa juga dibilang tidak. Berangkat kurang lebih pukul 7.30 dengan kecepatan yang biasa-biasa saja sampai sana sekitar pukul 9, dan disambut bendungan walahar yang masih berdiri kokoh sejak jaman belanda. Memang konstruksi jaman belanda itu terkenal bagus.

Setiba disana pemandangannya menarik dan berbeda. Saat menuju ke restoran atau mungkin lebih tepat disebut warung, kita harus melintasi sebuah jembatan diatas bendungan yang hanya bisa dilewati satu mobil  itu. Perasaan saat melintasi jembatan sepanjang kurang lebih 100 meter itu rasanya gamang. Mau jatuh. 

Saat masuk ke warung Pepes H. Dirdja atau yang dikenal dengan Pepes Walahar, kebetulan sekali mereka baru buka sehingga masih panas sajiannya. Saat itu yang sudah matang baru pepes ayam, ikan, dan tahu. Masih ada satu pepes lagi yang terkenal. Pepes Jamur namun belum matang kata mereka.





Kita yang sengaja tidak sarapan langsung menyantap habis 2 pepes ayam, 2 pepes ikan dan 1 pepes tahu. Rasanya enak dan berani dibumbu, tipikal makanan favorit saya. Dengan parutan lengkuas yang dicampur didalam bumbu membuat rasanya khas. 

Cara masak mereka pun unik, mereka membakar pepes yang dibungkus dalam daun pisang ini dengan cara diletakan disebuah plat besi diatas api besar. Sehingga aroma asapnya terasa di daging atau di tahu atau di ikan.

 Dengan tambahan teh tawar dan jeruk panas serta nasi untuk 2 orang, kami hanya menghabiskan Rp42000. Berikut adalah photo-photo lain di sekitaran situ. Oh iya petunjuk menuju warung makan pun sudah saya sertakan di akhir postingan ini. Enjoy!




 
Petunjuk ke Pepes Bendungan Walahar.
Masuk tol ke arah cikampek dan keluar di karawang timur. Setelah itu belok kanan di lampu merah. Terus lewati jembatan sampai ketemu sebuah belokan kekanan, langsung belok kanan. Kemudian terus saja sampai menyeberang tol. Masih terus sampai ketemu belokan ke kanan (ada plang arah bendungan walahar). Belok situ dan ikuti jalan sampai ketemu bendungan.

No comments:

Post a Comment