analytics

December 27, 2011

Pancake From Scratch 101

Hey, an entry from Aria Mangunkusumo!

Bikin pancake gampang kalo ada adonannya tapi yang dibawah ini adalah petunjuk untuk membuat pancake dari scratch. Resep dibawah bisa dimodifikasi dengan tambah pisang, coklat atau apapun sesuai selera. Kalau udah jadi juga tinggal di tambah es grim, coglat, susu gental atau apapun...
Enjoy. Thanks Babeh Aria udah mau share :D
-------


Emang gak salah kalo mo beli yang udah di kemas seperti Betty Cooker dll.. tapi kalo ada yang mo impress mertua atau tamu atau pacar yang kebetulan nginep, bole juga nih di coba. Gak susah kok. Asal meja dapur dialasin koran juga gak berantakan2 amat.

Here you go :

Sediakan :
2 cup tepung terigu all purpose
3 sendok teh baking powder
3 sendok makan gula. Kalo bisa gula halus.
2 butir telur
2 sendok makan mentega dicairkan
2 cup susu putih

kickstart :
campur terigu dan baking powder dalam satu wadah besar. Pastikan tercampur dengan rata. Setelah itu buat seperti sumur di tengahnya dan masukkan telur, mentega yang dicairka dan susu.

Aduk sampai rata. Kalau ada hand held mixer lebih baik. Mertua atau pacar pasti melihat anda sebagai koki amatir yang terampil. Tapi kalo nggak ada, diaduk2 aja pake pengaduk adonan selama 5 menit non stop. Setelah itu jadinya kurang lebih seperti ini :

Biarin dulu adonannya duduk selama 5-10 menit. Lalu di goreng di atas wajan pake sedikit mentega. Besarnya pancake yang mo dibuat tergantung selera. Kalo saya suka yang besar dan bantet di tengah, jadi paling nggak itu perlu 2 sendok takaran. 1 sendok takaran = sedikit lebih kecil dari sendok soup kecil.

Goreng sampe sisi atas agak kering. Kalo terlalu cepat diangkat, bagian tengah akan kempis. Niat bikin bantet pun gak kesampaian. Inget dulu liat abang2 kue cubit bikin kue depan sekolah, nah dia kan bakal balik kalo atasnya cuma sedikit basah. Ini juga sama. Baru setelah ini bagian bawah pancake dipisahkan dari wajan. Supaya menarik depan pasangan atau mertua, ngebaliknya di-toss aja. Lagi pula dengan toss, adonan bagian atas gak rusak dibanding kalo dibalik manual pake sodet. Karena waktu yang dibutuhkan untuk membalik lebih cepat dengan di toss.

Kira2 seperti ini waktu sudah siap di santap.

(first time cook.com)

Resep ini cukup untuk 6 orang dewasa. Kalau mau bikin untuk 2 orang saja, disesuaikan saja proporsinya. Hanya saja jumlah susu-nya yang harus diperhatikan benar2. Susu untuk 2 orang kalau hanya sedikit akan membuat adonan terlalu kering.

Met mencoba yes dudes!

December 14, 2011

Asparagus Mushroom Pasta


Kali ini kita akan buat Asparagus Mushroom Spaghetti!
Kenapa asparagus? kenapa jamur? karena cuma itu yang ada di kulkas :)
Asparagus menurut saya adalah sayur (batang) yang tingkat kerenyahannya itu pas. Tidak keras tidak lembek. Asparagus sendiri dikenal mengandung banyak kandungan asam folat dan juga berfungsi untuk memperbaiki kinerja ginjal dan memperlancar kencing. Mungkin karena bentuknya menyerupai....... *keyboard mendadak rusak*

Lama memasak: 30 menit
Level: Gampil
Untuk: 2 Piring

Bahan:
  1. Beberapa batang asparagus segar. Pilih yang tidak terlalu tua kalau tua yah keras. Kalau  emang sukanya yang keras ya ngunyah batang pohon jati aja sana.
  2. Beberapa jamur champignon. 
  3. 200-250 gram spaghetti. Mungkin bisa diganti pasta lain tapi menurut istri saya sih cocoknya pake spaghetti. Daripada nggak dapat jatah jadi hayuk ajalah pake spaghetti
  4. Salt, pepper & black pepper kasar secukupnya
  5. Olive oil
  6. Bawang putih segar dicincang
  7. Keju parmigiano reggiano alias parmesan
Cara Masak:
  1. Panaskan olive oil di pan
  2. Masukan bawang putih sampai berubah warna dan wangi.
  3. Masukan asparagus yang sudah dipotong-potong, 
  4. Saat asparagus tampak agak melunak masukan jamur, garam dan lada
  5. Saat tampak sudah masak, matikan api dan masukkan spaghetti (cara masak spaghetti bisa kan ya? ga usah dijelasin lagi kan ya?)
  6. Sajikan dengan taburan keju dan black pepper kasar.


December 03, 2011

Ceker Cola


Ini adalah east meet west! Iya! Perasaan setau gue cuma orang asia yang hobi ngemutin kaki ayam. Dan coca cola itu asli buatan orang barat. Tapi ya setau gue. Tapi orang barat juga suka ngemutin kaki ayam ya... eh tapi itu ayam yang beda sih.
Sebetulnya resep ini sudah gue praktikan disini dengan chicken wings dan berhasil banget. Kemudian kepikiran gimana kalau cakar ayam yang digoreng juicy ketemu sama kentelnya bumbu coca-cola. Pasti sesuatu banget. Coba yuk!

Lama memasak: 40 menit
Level: Gampil
Untuk 10-15 potong ceker

Bahan:
 
  1. 10-15 potong ceker digoreng setengah matang. Jangan sampai ovecooked karena berpengaruh terhadap  ke-juicy-an cekernya
  2. 1 Botol plastic yang sedeng coca cola
  3. 5 Siung bawang putuh (rajang halus)
  4. 3 Siung bawang merah (iris tipis)
  5. Jahe secukupnya (dikeprak)
  6. Gula, garam secukupnya.
  7. Dua sendok shoyu
Cara masak:
  1. Masukan bawang putih dalam panci yang telah dipanaskan dengan minyak
  2. Setelah berubah warna (awas gosong), masukan bawang merah dan jahe
  3. Setelah wangi tuangkan semua coca-cola, shoyu dan gula garam (dicoba aja)
  4. Masukkan ceker aduk sedikit kemudian tutup
  5. Biarkan masak perlahan sampai air asat dan menjadi kental
  6. Hidangkan
 

 



November 27, 2011

Beef Misonikomi Udon


This is not regular Udon. This is Miso Udon. It's like udon but in miso soup.. In Japan they called it Misonikomi Udon.
Di Jepang, yang populer adalah udon yang dimasak dalam clear broth. Walau ada juga Misonikomi Udon. Tapi yang biasa dimasak dengan Miso soup adalah Ramen. Sedangkan di Cina, ada yang serupa dengan udon, disebut cū miàn. Nah di Cina inilah biasanya cu mian biasa dimasak dengan kuah miso. Miso sendiri adalah tauco khas Jepang, Korea dan Cina. 
Udon sendiri adalah masakan Jepang paling sederhana. Mungkin di Indonesia mereka biasa masak Udon seperti kita masak Mie Instan. Bahannya sederhana, bumbunya itu-itu saja dan toppingnya bisa disesuaikan dengan apa yang tersisa di kulkas. Mulai telur, daging, ayam sampai sayuran.
Mumpung mau musim ujan ayo belajar masak Miso Udon biar kalau kedinginan ada opsi kedua selain.........  :D


Lama memasak: 30 menit
Level: Gampil
Untuk 2 porsi


Bahan:


1. Dua bungkus udon
2. 3 sendok makan Shoyu (Soy Sauce/Kikkoman)
3. 4 Sendok makan penuh Tauco Korea (doenjang).
4. 3 Sendok makan mirin
5. 3 Sendok makan sake
6. Dried Seaweed
7. Daging sukiyaki (saya pakai Amiyaki lokal)

Cara Masak:
1. Rebus air sekitar secukupnya untuk dua mangkuk besar hingga mendidih
2. Masukan tauco, shoyu, mirin, sake. Aduk hingga rata.
3. Masak daging dengan cara mencelupkan ke air mendidih 10-15 detik saja.
4. Tuang kuah ke mangkuk yang sudah ada udon di dalamnya. Letakan daging dan taburkan dried seaweed



Damage Cost:
Udon @ 6500 = Rp 15.000
Daging Rp 10.000
Shoyu, Mirin dan Sake pakai sedikit kurang lebih 5.000
Dried seaweed sepak 15.000 dipakai tidak sampai 5.000
Total 35.000,- untuk 2 mangkok besar Udon.

Silahkan mencoba :)

Lazy Sunday Roast Lamb


Here's another entry from Adhitya Wisesa, a father-to-be. Enjoy!


Why “Lazy” ? Karena kita gak mau membumbu Lambnya Sendiri, kita minta ‘butchernya’ yg marinate dagingnya ...
Ceritanya gini, aku dan istriku Rinita, sedang jalan di supermarket, buat belanja bulanan. Secara gak sengaja kita bertemu demo masak oleh supplier daging. Ada bermacam-macam daging mulai dari Tenderloin, Hamburger, dan juga Lamb Shoulder. Semuanya kita cicipin tapi berhubung istri ku paling suka Lamb, kita memutuskan untuk membeli shoulder of  Lamb mentahnya untuk acara masak mingguan kita. 
Kebutulan daging lambnya import dari Australia jadi kita yakin atas qualitasnya tinggal bumbu marinatenya...eh kebetulan ,ternyata penjualnya menawarkan untuk marinate daging lamb nya – wow senangnya... jadi kan gak usah repot-repot dirumah...

Serving:2-3 orang

Bahan :
  1. 400 gram of Australian Shoulder of Lamb (make sure the meat quality is good). Marinate minimal selama 24 jam
  2. Susu - 200 cc untuk mashed potatoes
  3. Susu - 125 cc / secukupnya untuk saus jamur
  4. 2-3 buah kentang
  5. rosemary herbs
  6. Fresh Parsley
  7. Garam dan lada hitam (fresh cracked black pepper kalau ada)
  8. Mentega
  9. Olive Oil
  10. Jamur Kancing, Diiris kecil2. Secukupnya
  11. Bawang putih


Cara:
1. Roasted Shoulder of Lamb
Panaskan Oven sampai maksimum suhu (antara 220 ). Pada saat yang sama, panaskan penggorengan, tambah satu sendok teh olive oil, lalu  pan-fry lambnya. setiap sisi kira2 3-4 menit, gunanya kita pan-fried dulu adalah untuk menghasilkan sisi luar lamb yg ‘crispy’ dan ‘caramelised’ sebelum dimasukan oven. 

Setelah Lambnya kelihatan ‘crispy’ dan ‘caramelised’ pada bagian luarnya,  kita tambahkan 1-2 clove  bawang putih ( di potong ‘rustic’ besar2) dan juga daun rosemary 1-2 dua batang. Kemuduan masukan wajan berupa segala isinya ke dalam oven agar matangnya merata sampai kedalam. Turun kan temperature oven ke 170-180

Lama masaknya untuk ukuran lamb diatas adalah 28-32 menit (per 100 gram daging = 7-8 menit) jadi 400 gram itu kira-kira: 30 menitan. 

Catatan: Berhubung istri hamil jadi saya masaknya ‘well-done’ kematangannya. Kalau saya sendiri sukanya ‘Medium’ dan takarannya adalah menit (per 100 gram daging = 5 menit. Total lama masak: 20 menit.

Pastikan untuk tidak over-cooked lambnya , ketika 28 menit tiba keluarkan penggorengannya dari oven, pindahkan lambnya ke piring,  istirahatkan selama 15 menit dgn ditutupi alumunium foil- daging akan terus masak dengan sendirinya dan akan sangat juicy. Proses meng-istirahatkan daging ini sangat penting (jgn sekali-kali makan daging yg baru keluar dari oven) karena akan membuat daging menjadi succulent dan empuk karena juice daging dan aroma akan keluar selama proses isitirahat ini.


2. Lamb-reduction Mushroom Sauce

Di penggorengan yang tadi buat panggang lambnya pasti akan tersisa bekas-bekas bawang putih, bumbu-bumbu, dan minyak. Jangan dibuang! Itu adalah ‘liquid gold’!! buang saja sedikit minyak yang ada biar tidak terlalu berlemak 

Panaskan kembali penggorengannya dengan minyak kecil, taburkan bawang putih, kemudian masukan jamur untuk di tumis sampai agak layu. Pastikan kamu gosok wajannya sampai sisa roast lamb/bumbu/ dan sebagainya tidak terus lengket di wajan.

Lalu tambahkan susu beserta merica dan garam (kalau masih kurang rasa). Terus aduk sampai susu mendidih dan agak mengental, kemudian tambahkan 1/2 sendok teh mentega untuk rasa.
3. Mashed Potatoes + Fresh Parsley:  
Kupas Kentang, panaskan air,  taburkan garam 1 sendok teh, kemudian rebus kentang selama 15-20 menit. Setelah matang,  (Kalo nggak yakin boleh dicek dengan garpu tusukin ke kentang - harus
terasa lembek). Tiriskan air, dan mulai lumatkan kentang sampai terasa 
lembut. Lalu masukan ke dalam panci telah berisi susu dan mentega (1 sendok makan) yg telah dilumerkan dengan api kecil. Kemudian tambahkan dan tambahkan pula 2 sendok makan daun parsleynya yg masih fresh beserta sedikit garam,  lada hitam, dan juga rosemary dan thyme sampai pas sesuai selera. Aduk terus sampai mencapai konsistensi yg anda inginkan.

Catatan: kita baru beli potato masher dan hasilnya mashed potatoes kita jadi enakkkk dan lembut sekali.... worth it deh... 

Silahkan dicoba! and Enjoy!!!

Antara Musik dan Masak


Dari dulu musik merupakan bentuk great escape buat saya. Keluar sebentar dari padatnya isi kepala. Mengembara sekejap di dunia imajiner. Tapi beberapa bulan lalu saya menemukan sebuah escape baru. Memasak. Yap! Memasak.
Memasak itu punya efek yang sama dengan bermain musik. Sama-sama menenangkan, menyenangkan dan memilik efek menciptakan yang sama. Dan setelah ditelisik lebih lanjut, ada beberapa persamaan antara musik dan masak.
  1. Musik dan masak merupakan bentuk kesenian yang tertua di dunia.
  2. Ada unsur penciptaan di dalamnya.
  3. Proses keduanya mirip.
    Mulai dari mendengar lagu lain pada musik, mencoba makanan orang dimasak.
    Latihan pada musik itu memformulasikan resep.
    Rekaman pada musik itu proses memasak.
    Dan saat hasil rekaman diperdengarkan maka saat itulah saat membagikan makanan. :)
  4. Satu hal yang paling penting adalah keduanya menyenangkan orang lain. Walau tidak semua orang bisa senang tapi setidaknya pasti ada yang senang dengan kreasi musik atau masak.

November 24, 2011

Coca Cola Chicken Wings

Chicken wings, siapa yang nggak suka? Bagian ayam yang gurih dan habis sekali hap ini biasanya dijadikan sebagai appetizer. Resep ini sebetulnya masih kurang jelas asal-usulnya. Ada yang bilang ini resep dari cina, ada yang bilang vietnam, ada yang bilang korea bahkan ada yang menyebutkan resep ini berasal dari vietnam. Lucunya lagi saya pernah menemukan makanan ini beberapa tahun lalu di sebuah kantin ITB. Mereka menyebutnya Ayam Kola.
Di luar dari asal-usul resep, mendingan kita langsung masak yuk!

Lama memasak: 40 menit
Difficulty: Gampil 
Untuk chicken wings kurang lebih 400gram (4-6 potong)


Bahan-bahan:

  1. Chicken wings 400 gram
  2. Coca cola 250ml
  3. 4 siung bawang putih
  4. 4 potong jahe
  5. 2 sendok kecap asin
  6. 5 cabai kering
  7. gula pasir (2-3 sendok makan)

Cara masak:
  1. Goreng sayap ayam dalam panci penggorengan yang sudah diminyaki (jangan pakai minyak berbahan dasar kelapa sawit ya.. ayo #SaveOrangUtan)
  2. Angkat ayam kalau sudah wangi dan berubah warna. 
  3. Masukan bawang, jahe, cabai dan kecap asin ke panci penggorengan tadi.
  4. Goreng sampai wangi dan berubah warna (awas overcooked)
  5. Masukan ayam dan coca-cola serta tambahkan gula
  6. Tutup dan biarkan sampai asat dan berubah kental. (jangan lupa diaduk-aduk takut gosong)



Damage Cost:
Ayam 12.000
Coca-cola 2000
Bawang dll 5000
Total 19.000 untuk 400 gram chicken wings

November 19, 2011

Maspion Fancy Grill

[Bukan Blog Post Berbayar]
Kalau menyimak post-post sebelum ini pasti tahu kalau gue nggak punya alat bakaran (buat barbeque). Kemarin ada yang menyarankan untuk pake grill pan, ternyata Grill pan yang bagus agak mahal jadi ya mungkin pending dulu, awal tahun baru beli lah.
Tapi sewaktu lagi iseng-iseng liat-liat di RumahKita saya menemukan sebuah alat yang bisa memberikan efek seperti digrill. Merknya Maspion Fancy Grill.

Bentuknya sebetulnya kurang meyakinkan. Dengan bahan kaleng semacam loyang apalagi ditambah gambar titiek puspa didepannya.
Bentuknya juga seperti loyang kue bolu namun lobang tengahnya ada penutup tambahannya. Penutup itu berfungsi sebagai bara. Ia akan berputar otomatis ketika panas sehingga panas merata diseluruh bagian wajan.
Untuk percobaan yuk bakar daging. Mumpung wagyu lagi diskon di hero. Cuma 999/gram.  Sengaja saya tidak memakaikan bumbu apapun dalam dagingnya. Paling setelah matang saya tambahkan butter yang sudah dicampur parsley dan bawang putih. Selain it.u paling black pepper kasar dan garam saja tambahannya












Hasilnya mengejutkan sekali. Daging matang dengan cepat. Untuk membuat medium well pun bisa dibuat sempurna. Kentang yang dibungkus dengan alumunium foil juga terbakar sempurna...
Baiklah saya akan menganjurkan panci ajaib ini kepada siapapun yang pengen barbeque dengan cara sederhana... 
Harganya Rp 63.000 dari Rp 73.000 (lagi diskon di Rumah Kita)

November 13, 2011

Gyu Don



おはようございます。
I was feeling a little bit Japanese! Ini juga terinspirasi dari Yoshinoya. Gyudon sendiri sebetulnya makanan khas jepang yang terbentuk dari kata Gyu yang berarti daging, dan Don dari kata donburi yang berarti bowl. 
Cita rasa dari Gyu don manis yang berasal dari gula/madu dan campuran mirin dan ada sedikit hint asin dari bumbu lainnya.
Gyudon biasanya disajikan dengan topping wortel, pickled ginger, atau telur setengah matang. Untuk side dishnya, gyudon biasa disajikan dengan Miso Soup.
Yang menarik dari gyudon itu sendiri adalah sejarahnya. Gyudon berawal dari era sewaktu terjadi Restorasi Meiji, berarti kurang lebih pertengahan 1800an. Pola makan daging ini di adaptasi dari kebiasaan orang barat. Dari situ daging diolah dan disesuaikan dengan cara masak tradisional jepang seperti sukiyaki maka terciptalah Gyu Don ini.


Untuk resepnya saya rada lupa :P. Nanti coba bikin lagi deh di thread berikutnya. 


Yang jelas pemilihan daging penting sekali. Saya waktu itu coba pakai daging khas dalam lokal, saya iris tipis-tipis tapi hasilnya tetap kurang memuaskan, tidak seperti kalau memakai daging sukiyaki.



Mushroom Spinach Beef Patty





Hasrat ingin makan daging. Meluncurlah ke hollycow di jl. suryo tapi apa daya antriannya lebih panjang daripada antrian pembagian daging kambing idul adha kemarin. Malamnya langsunglah meluncur ke Hero, beli daging untuk memenuhi hasrat makan daging.
Pilihan jatuh ke daging cincang lokal (daging cincang Aus sekarang harganya udah lebih mahal padahal bulan lalu harganya sama). Bikin beef patty enak nih! Yuk!


Lama memasak: 30 menit
Difficulty: Gampil 
Untuk 8 porsi patty @ 50 gram 



Bahan:
400 gram daging cincang
1/2 bawang bombai (potong kecil-kecil)
1 gelas aqua jamur merang (cacah tapi jangan sampai terlalu halus)
Bayam secukupnya (disobek kecil-kecil)
Cornflakes secukupnya (dibuat remah sebagai pengganti bread crumbs)
1 Telur 
Garam
Lada
Bubuk bawang putih


Cara Masak:
1. Masukan semua bahan ke dalam Bowl. Aduk hingga rata
2. Buat menjadi 8 bentuk Patty. Kalau mau lebih besar boleh jadi 4 patties
3. Karena saya ga punya bakaran, maka patty itu saya goreng. Pakai nampan yang lebar dengan sisi yang rendah.
4. Goreng sesuai selera. Medium well is my choice... Awas overcooked.


Notes:
Coba pilih daging yang masih ada otot/uratnya. Karena memberikan efek kenyal pada patty.


Damage Cost:
Daging cincang 400 gram Rp 30.000
Telur 1 butir paling rp 1000
Bayam 50 gram rp 5000
Bawang bombai rp 2000
Cornflakes kepake sedikiiittt rp 2000
Jamur rp 15000
Lada Garam dan Bubuk bawang putih ada didapur yaaaa


Total rp 55.000 untuk 8 patties. Jadi each patty cost rp 6875. 
Daging burger berkualitas cuma segitu harganya? ckckck di abang-abang cuma dapet burger sepeda doang!



November 06, 2011

Buttery Dory with Shitake and Red Spinach


Jumat malam kemarin sewaktu pulang kantor rasanya kok lapar. Aduh pengen makan tapi apa ya yang sehat dan tidak menggemukan. Begitu lewat ranch market, mumpung baru pukul 9.30 langsung belok masuk. Setengah jam cukuplah untuk melihat-lihat dan memutuskan mau masak apa.

Pilihan akhirnya jatuh pada ikan dory karena lidah rasanya ingin yang gurih-gurih. Untuk side dishnya saya coba bayam merah dan jamur shiitake. Saya juga beli lemon dan daun basil segar.

Lama memasak: 45 menit
Difficulty: Gampil 
Untuk 3-4 porsi


Jadi begini bahan-bahan dan cara masaknya.


Bahan:
600 gram ikan dory fillet
10 lembar daun basil segar (potong-potong)
Seikat bayam merah (ambil daunnya saja, batang kecil masih bolehlah)
3 Jamur shitake
Butter
Bawang (nangis) bombay potong model standar
Bawang putih cincang
Bawang merah iris tipis
Setengah sendok lemon

Cara Masak:
Bayam dan Jamur:
Panaskan minyak diatas wajan
Masukan bawang putih dan merah
Masukan bawang bombai
Garam secukupnya
Masukan jamur sampai empuk
Setelah itu masukan air biarkan hingga mendidih banget
Baru masukan bayam
Diamkan beberapa saat kemudian angkat dan tiriskan

Ikan:
Lumuri dori dengan garam merica dan minyak
Lelehkan Butter diatas wajan
Masukkan bawang bombai dan daun basil segar
Bila sudah wangi masukan Dory filletnya
Biarkan matang, jangan lupa dibalik. Kalau ragu sudah matang atau belum coba congkel sedikit pakai garpu.
Setelah matang, tambahkan sedikit juice lemon.
Angkat dan sajikan...

Notes:
Jamur shiitake memiliki bau yang khas. Kata orang sih mirip jengkol tapi saya belum pernah makan jengkol, menurut saya malah mirip pete. Bagi yang kurang suka aroma tersebut bisa diganti pakai jamur lain. Atau tidak pakai jamur juga tidak apa-apa.

Damage Cost:
Ikan 600gram sekitar 40.000
Bayam seikat 7.500
Lemon 2500
Basil 5000
Jamur 9000

Total 54.000 untuk 4 porsi jadi seporsinya seharga 13.500