analytics

October 09, 2011

Pasta Al Pomodoro


Aduh kalo ngomongin spageti pasti kebayangnya langsung Bolognaise dengan daging yang banyak dan saus tomat yang tebal. Bosen kan? Pengen sesuatu yang light tapi tetep mengenyangkan, sehat dan mungkin, mungkin aja bisa buat alternative bagi para vegetarian. Mungkin aja tapi harusnya sih boleh.
Spageti yang ini dinegaranya disebut Pasta Al Pomodoro (pastanya bebas sih mau diganti apa bisa tapi kayaknya paling cocok yang si spageti). Oiya pomodoro itu artinya Tomat dalam bahasa itali jadi tomat jadi bahan yang dominan buat pastanya.

Bahan-bahannya:
Pasta (beli lokal aja, La fonte juga udah enak kok. Murah pula)
Tomat biasa secukupnya. Kurang lebih 6 lah.
Bawang bombai
Bawang Putih
Olive oil (beli sesuai dengan selera, kalo ga gitu suka yang wangi beli yang light aja)
Daun Basil (kalo bisa sih fresh kalo ga ada nanem aja, kalo ga ada waktu ya beli yang dried gak papa. Btw gue berhasil nanem Basil, nanti gue tulis juga deh di blog ini cara nanemnya)
Saus Tomat (merek apa aja buat sekedar nambah aroma).
Garam & Lada & Gula
Tomat cherry

Cara Masak
Rebus pasta sampai Al dente. Jangan lupa masukin minyak sesedonk dua sendok biar nggak lengket. Kalau mau biar agak berasa boleh di masukin garam secukupnya.

Tomat di potong 8 trus dimasukin ke bown kemudian remes-remes pake tangan sampai agak halus. Iya pake tangan aja kalo pake food processor jadinya kayak jus.

Cincang bawang putih dan bawang bombai. Tumis sampe wangi dan berwarna keemasan. Setelah itu masukin tomat tadi. Masukin juga garam dan lada. Masukin juga saus tomat secukupnya. Juga masukan olive oilnya.

Cobain kalo misalkan terlalu asam masukin gula. Kalo terlalu berasa tomat mentah, masukin sedikit lagi saus tomatnya.

Masak sampai boiling. Angkat dan tuang ke atas pastanya.

Sajikan dengan tomat cherry dan irisan daun basil segar diatasnya.


Tambahan Meatball.
Siapkan daging cincang
Bread crumbs (Panggang roti tawar sisa kemaren sampai kering kemudian parut)
Kuning telur
Garam dan lada

Campur semua bahan diatas, bentuk bola-bola kemudian goreng, jangan sampai berubah warna yah nanti kering.

Setelah itu bola-bola daging itu di masukkan ke dalam panci yang berisi pasta. Biarkan masak (simmer) selama beberapa menit. Jangan lupa tutup pancinya. Hal ini dilakukan agar meatballsnya terasa lembut walau tanpa borax.


Silahkan mencoba. Oh iya saya jamin resep ini bisa membuat lo pergi ke Union di PS dan bilang ke chefnya, "Chef, Pomodor meatballs gue lebih enak dan lebih murah dari lo punya!"

:P

No comments:

Post a Comment