analytics

November 27, 2011

Lazy Sunday Roast Lamb


Here's another entry from Adhitya Wisesa, a father-to-be. Enjoy!


Why “Lazy” ? Karena kita gak mau membumbu Lambnya Sendiri, kita minta ‘butchernya’ yg marinate dagingnya ...
Ceritanya gini, aku dan istriku Rinita, sedang jalan di supermarket, buat belanja bulanan. Secara gak sengaja kita bertemu demo masak oleh supplier daging. Ada bermacam-macam daging mulai dari Tenderloin, Hamburger, dan juga Lamb Shoulder. Semuanya kita cicipin tapi berhubung istri ku paling suka Lamb, kita memutuskan untuk membeli shoulder of  Lamb mentahnya untuk acara masak mingguan kita. 
Kebutulan daging lambnya import dari Australia jadi kita yakin atas qualitasnya tinggal bumbu marinatenya...eh kebetulan ,ternyata penjualnya menawarkan untuk marinate daging lamb nya – wow senangnya... jadi kan gak usah repot-repot dirumah...

Serving:2-3 orang

Bahan :
  1. 400 gram of Australian Shoulder of Lamb (make sure the meat quality is good). Marinate minimal selama 24 jam
  2. Susu - 200 cc untuk mashed potatoes
  3. Susu - 125 cc / secukupnya untuk saus jamur
  4. 2-3 buah kentang
  5. rosemary herbs
  6. Fresh Parsley
  7. Garam dan lada hitam (fresh cracked black pepper kalau ada)
  8. Mentega
  9. Olive Oil
  10. Jamur Kancing, Diiris kecil2. Secukupnya
  11. Bawang putih


Cara:
1. Roasted Shoulder of Lamb
Panaskan Oven sampai maksimum suhu (antara 220 ). Pada saat yang sama, panaskan penggorengan, tambah satu sendok teh olive oil, lalu  pan-fry lambnya. setiap sisi kira2 3-4 menit, gunanya kita pan-fried dulu adalah untuk menghasilkan sisi luar lamb yg ‘crispy’ dan ‘caramelised’ sebelum dimasukan oven. 

Setelah Lambnya kelihatan ‘crispy’ dan ‘caramelised’ pada bagian luarnya,  kita tambahkan 1-2 clove  bawang putih ( di potong ‘rustic’ besar2) dan juga daun rosemary 1-2 dua batang. Kemuduan masukan wajan berupa segala isinya ke dalam oven agar matangnya merata sampai kedalam. Turun kan temperature oven ke 170-180

Lama masaknya untuk ukuran lamb diatas adalah 28-32 menit (per 100 gram daging = 7-8 menit) jadi 400 gram itu kira-kira: 30 menitan. 

Catatan: Berhubung istri hamil jadi saya masaknya ‘well-done’ kematangannya. Kalau saya sendiri sukanya ‘Medium’ dan takarannya adalah menit (per 100 gram daging = 5 menit. Total lama masak: 20 menit.

Pastikan untuk tidak over-cooked lambnya , ketika 28 menit tiba keluarkan penggorengannya dari oven, pindahkan lambnya ke piring,  istirahatkan selama 15 menit dgn ditutupi alumunium foil- daging akan terus masak dengan sendirinya dan akan sangat juicy. Proses meng-istirahatkan daging ini sangat penting (jgn sekali-kali makan daging yg baru keluar dari oven) karena akan membuat daging menjadi succulent dan empuk karena juice daging dan aroma akan keluar selama proses isitirahat ini.


2. Lamb-reduction Mushroom Sauce

Di penggorengan yang tadi buat panggang lambnya pasti akan tersisa bekas-bekas bawang putih, bumbu-bumbu, dan minyak. Jangan dibuang! Itu adalah ‘liquid gold’!! buang saja sedikit minyak yang ada biar tidak terlalu berlemak 

Panaskan kembali penggorengannya dengan minyak kecil, taburkan bawang putih, kemudian masukan jamur untuk di tumis sampai agak layu. Pastikan kamu gosok wajannya sampai sisa roast lamb/bumbu/ dan sebagainya tidak terus lengket di wajan.

Lalu tambahkan susu beserta merica dan garam (kalau masih kurang rasa). Terus aduk sampai susu mendidih dan agak mengental, kemudian tambahkan 1/2 sendok teh mentega untuk rasa.
3. Mashed Potatoes + Fresh Parsley:  
Kupas Kentang, panaskan air,  taburkan garam 1 sendok teh, kemudian rebus kentang selama 15-20 menit. Setelah matang,  (Kalo nggak yakin boleh dicek dengan garpu tusukin ke kentang - harus
terasa lembek). Tiriskan air, dan mulai lumatkan kentang sampai terasa 
lembut. Lalu masukan ke dalam panci telah berisi susu dan mentega (1 sendok makan) yg telah dilumerkan dengan api kecil. Kemudian tambahkan dan tambahkan pula 2 sendok makan daun parsleynya yg masih fresh beserta sedikit garam,  lada hitam, dan juga rosemary dan thyme sampai pas sesuai selera. Aduk terus sampai mencapai konsistensi yg anda inginkan.

Catatan: kita baru beli potato masher dan hasilnya mashed potatoes kita jadi enakkkk dan lembut sekali.... worth it deh... 

Silahkan dicoba! and Enjoy!!!

No comments:

Post a Comment