analytics

November 05, 2011

Crispy Pan Fried Salmon, With Milky Mushroom sauce, and Mashed Potatoes

Posting pertama yang masuk ke babehmasak!
Postingan ini dikirim oleh Adhitya Wisesa dari Singapore. Cerita dibaliknya unyu banget deh, jadi istrinya lagi hamil dan pengen banget makan salmon. Nah jadilah Babeh Sesa ini berkreasi. Ini katanya:


"Memang agak mirip dari resep Salmon sebelumnya tapi agak beda kok dan teknik masaknya jg beda. Aku masak ini untuk istri ku yg lagi hamil dan kebetulan lagi kepingin ikan Salmon karena selain lezat jg mengandung banyak protein, dan Omega 3" 


Bahan :2 potong Salmon steak - harus ada kulitnya
1/2 Jeruk Lemon (untuk parutan lemon zest nya)
Susu - 200 cc untuk mashed potatoes
Susu - 125 cc / secukupnya untuk saus jamur
2 buah kentang
rosemary herbs
Parsley herbs
Garam dan lada hitam (fresh cracked black pepper kalau ada)
Mentega
Olive Oil
Jamur Kancing, Diiris kecil2. Secukupnya
Bawang putih

Cara:
1. Mashed Potatoes:  
Kupas Kentang, panaskan air,  taburkan garam 1 sendok teh, kemudian rebus kentang selama 15-20 menit. Setelah matang,  (Kalo nggak yakin boleh dicek dengan garpu tusukin ke kentang - harus terasa lembek). Tiriskan air, dan mulai lumatkan kentang sampai terasa lembut. Lalu masukan ke dalam panci telah berisi susu dan mentega (1 sendok makan) yg telah dilumerkan dengan api kecil. Kemudian tambahkan sedikit garam,  lada hitam, dan juga rosemary sampai pas sesuai selera. Aduk terus sampai mencapai konsistensi yg anda inginkan.

2. Pan-Fried Salmon
Keringkan Salmon dengan paper-towel agar nanti jadi krispy pas di pan-fry. 
Sayat Kulit Salmon secara diagonal (tapi jangan sampai terlalu dalam - krn bs merusak daging). 
Kemudian taburkan garam dan lada hitam secukupnya dalam kedua bagian Salmon (pastikan garam dan lada teresap dalam sayatan di kulit salmonnya). 
Lalu lumuri daging salmon dengan Olive Oil, kemudian taruhlah salmon tsb (bagian kulitnya dulu) ke panci penggorengan yg sudah sedikit dilumuri olive oil juga.
Cek terus, dan tunggu sampai Kulitnya kelihatan kering dan krispy, lalu balik ke sisi daging berikutnya. Tunggu sampai daging kelihatan agak oranye /salem lalu tiriskan. 


Catatan
1) Saya terus terang gk ngitung berapa menit total gorengnya, tapi kira2 75% waktu kulit dibawah, sisanya sisi berikutnya, 
2) Pastikan untuk tidak over-cooked daging salmonnya, ketika kelihatan 90% matang, angkat daging dari
penggorengan lalu  tiriskan dipiring selama 5 menit dgn ditutupi Alumunium foil- daging akan masak dengan sendirinya dan akan sangat juicy.


3. Milky Mushroom Sauce
Panaskan olive oil di penggorengan dengan minyak kecil, taburkan bawang putih, 
kemudian masukan jamur untuk di tumis sampai agak layu lalu tambahkan susu dan tambahkan pula 1 sendok makan daun parsleynya beserta merica dan garam (kalau masih kurang rasa). 
Terus aduk sampai susu mendidih dan agak mengental, kemudian tambahkan 1/2 sendok teh mentega

Penyajian:
Sajikan Mash Potatoes yg kemudian dilumuri oleh Saus Jamurnya, kemudian letakan daging Salmonnya paling atas. 
Saya sendiri tidak suka melumuri saus jamur di bagian kulit ikan salmonnya karena itu akan membuat Kulitnya menjadi tidak krispy. 
Sebagai finishing touch saya tambahkan serutan kulit lemon (the zest) dibagian atas Kulit Salmon sebagai penyegar dan penambah aroma.




Nampaknya menarik ya. Kalau misalkan ada yang lain mau berbagi resep langsung kirim aja ke piqopiq@gmail.com. BABEH UNITE!

No comments:

Post a Comment