analytics

August 19, 2012

New Sections! FOODLER. Food for Toddler!



Halo apa kabar? Kali ini saya ingin menyampaikan bahwa blog babeh masak punya satu section baru yaitu, FOODLER. Food for Toddlers! Horeeee! Terinspirasi dari cukup sering memasak untuk Anak saya, Laika. Saya berpikir mengapa tidak berbagi resep masakan untuk anak dibawah 3 tahun?

Beruntung saya dan istri saya memilih metode BLW waktu Laika baru mulai makan. Metode BLW sendiri adalah kepanjangan Baby Led Weaning. Intinya kita langsung memberikan makanan padat kepada bayi umur 6 bulan (setelah ASIx) dan membiarkan bayi itu memilih dan memakan makanan sendiri tanpa disuapi. Untuk lebih detailnya silakan googling sendiri ya. 

Dengan metode BLW, otomatis kami harus menyajikan beragam jenis makanan untuk mencegah ia bosan. Oleh sebab itu kami banyak bereksperimen dengan berbagai bahan dan bumbu. Alhamdulillah Laika sangat peka terhadap rasa. Ia bahkan terbiasa dengan rasa-rasa herbs lokal seperti kunyit, pala dan kemiri sampai daun-daun herbs import seperti rosemary, basil dan lain-lain. Namun Laika baru mulai mengonsumsi Gula dan Garam sewaktu memasuki usia 1 tahun. Itupun sebisa mungkin dipakai sesedikit mungkin. Penyedap rasa? Big NO.

Why food for toddlers? Karena memasak untuk anak itu membutuhkan trik yang cukup sulit. 
Pertama adalah pemilihan bahan. Bahan yang digunakan harus diperhatikan nutrisinya. Kebutuhan gizi sang bocah harus terpenuhi. Vitamin, zat besi, kalsium, serat dan banyak lainnya. Belum lagi riwayat alergi yang perlu diperhatikan baik-baik. 
Yang kedua adalah bumbu, seperti yang sudah diceritakan sebelumnya, kita tidak bisa bergantung pada gula, garam, madu atau kaldu instan. Jadi kita harus cukup kreatif menyiasati dengan herbs dan rasa alami dari bahan.
Yang ketiga adalah sakit hati kalau sudah masak susah payah, sang anak tidak mau menyentuh makanan. Mungkin bukan tidak enak tapi karena si anak memang belum mau makan tapi ya cukup sakit hati juga :D

Jadi resep-resep yang akan saya share disini semoga bisa banyak membantu sebagai alternatif makanan si anak biar nggak sop wortel lagi, sop makaroni lagi. Haduh. Ga kesian sama anak? Sementara orang tuanya makan pagi sama siang aja beda.

Notes:
Resep-resep ini untuk anak 1 tahun keatas. Kalau misalkan mau resep untuk fase awal BLW, bolehlah kita berkorespondensi. Kebetulan hobi saya filateli. 

No comments:

Post a Comment