analytics

January 04, 2012

Simple Roast Chicken in Gravy with Baby Potatoes and Lemon Salad


Di akhir tahun biasanya kalo bule itu bikin roast turkey. Tapi karena kalkun mahal dan gede banget, maka kita akan coba bikin roast chicken. 
Enmmmm sejujurnya alesan bikin roast chicken itu bukan karena akhir tahun dan ikut-ikutan natal-natalan model bule sih.. tapi karena waktu beberes loteng Oma-nya istri saya, si Panci Oma, saya nemu sebuah alat masak yang ajaib banget. Namanya turbo broiler.
Waktu dibuka bentuknya menyerupai UFO. Alat itu pembelian tahun 1980-an tapi belum pernah dipakai sekalipun. Memang diloteng milik Oma itu bisa nemuin harta karun yang bahkan belum pernah dipakai sebelumnya.

Bentuk alatnya itu seperti ini:

Baiklah mari kita langsung memasak sajalah!

Siap-siap: 20 menit
Lama memasak: 90 menit (lama yes... kalau buat makan siang mulai masak jam 10 paslah)
Level: Susah. Ribet. Lama. Tapi worth banget kok!
Untuk: 1 ekor ayam. Enakan ayam negeri. coba beli yang organic kalo mau bebas hormon.

Bahan:
  1. 1 Ekor Ayam 1 ekor jangan dipotong. Dibersihkan saja sampai dalam-dalam.
  2. 1/2 red onion (ini mirip bawang bombay tapi warna dan rasanya bawang merah pake bawang merah biasa juga bisalah kayaknya)
  3. 1/2 Bawang bombai
  4. Beberapa iris lemon
  5. Beberapa iris wortel.
  6. Daun rosemary segar
  7. Bawang putih, keprak jangan dibuang kulitnya
  8. Olive oil
  9. Daun-daun selada dan lain-lain. Sesuai sama selera. Pakai tomat, jamur, boleh bebas.(buat salad)
  10. Baby potatoes
  11. Cream cheese
  12. Gula-garam




Cara Masak:








Belum siap dimakan!!! Kan belum buat gravy, salad dan kentangnya! Orang melayu macam saya mana kenyang kalau belum kena karbo?! Karbo itu karbohidrat ya bukan singkatan dari karebosi.. hehehe Garing!


Gravy
Ambil bumbu-bumbu yang tadi dipanggang bersama ayam kita ambil. Bumbu-bumbu itu pasti sudah tercampur dengan kaldu dan lemak yang menetes dari Ayamnya. Kalau mau sehat buang sedikit lemaknya, kalau ogah rugi cuek aja. Oiya jangan lupa buang lemonnya, nggak mau kan gravynya rada asem...


Masak gravy dengan cara dipanaskan, dicampur air, susu dan tepung. Tambahkan gula dan garam. Tidak perlu kaldu karena sudah gurih tapi kalo emang pro sama micin ya udah boleh aja. Mau ditambah potongan wortel atau wortel. Tambah herbs lain juga boleh sesuai selera aja.
Salad:
Potatoes Salad:
Campur baby potatoes yang udah direbus sebelumnya dengan cream cheese dan butter. Tambahkan herbs, gula dan garam secukupnya.

Salad Sayur:
Campur air lemon dan gula. Rationya sesuai selera. Tuangkan diatas salad



Sajikan! Nikmati ayam panggang ala bule!




No comments:

Post a Comment